Berburu Takjil di Jalur Gaza

Sumber : detikfood.com

Setiap sudut kota yg satu ini memang selalu menarik untuk dibahas salah satunya adalah Berburu Takjil di Jalur Gaza.

LOKASI

Berburu Takjil di Jalur Gaza sebutan unik untuk Jalan Sorogenen, Kampung Nitikan Umbulharjo, Yogyakarta. Mengapa disebut Jalur Gaza? Diambil dari singkatan: yakni Jajanan Lauk Pauk Gubuk Asyar Zerba Ada. serba ada dan lengkap, jajanan khas takjil berbuka ada di sini. Saat Ramadan, setiap sore selepas ashar, ruas jalan sepanjang 2 kilometer (Km) ini bak pasar tiban. Ruas jalan mulai perempatan RSUD Wirosaban Yogyakarta ke timur sampai di depan Jogja Fish Market atau Jalan Tegal Turi. Di sepanjang ruas jalan itu, kanan dan kiri jalan dipenuhi pedagang yang menjual berbagai menu takjil berbuka puasa. Tahun ini, jumlah pedagang ada 300 orang.

Sumber : detikfood.com

Sejarah

Awal mula pasar tiban tiap sore ini diprakarsai oleh Pimpinan Ranting Muhammadiyah Nitikan Dwi Kuswantoro “Sudah 11 tahun setiap Ramadan, warga menjajakan dagangan di pinggir jalan ini,” Begitu katanya. Tahun ini merupakan gelaran ke-11. Memang dari kurang lebih 300 pedagang tersebut ada yang menjual dagangan sama. Tapi dipastikan jajanan yang tersedia disinin sangat komplit. Selain lauk pauk dan sayur mayur, jajanan tempo dulu sampai kekinian ada di pasar tiban Jalur Gaza ini.

Sumber : tribunnews.com

Berburu Takjil di Jalur Gaza tentunya sangat menarik apalagi banyak takjil yang mendominasi; seperti kolak pisang, kolak kelapa, rujak kelapa serut, es kelapa muda, bubur atau jenang, sate kolang kaling dan lainnya. Di Jalur Gaza ini, tidak sekadar menyediakan beragam takjil. Panitia juga menyemarakkan Ramadan dengan pentas seni Islami, tausiyah ustad atau kajian Islami. Untuk kegiatan keagamaan ini dipusatkan di Masjid Muthohirin yang berada di pinggir jalan tersebut.

Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi pun mengatakan, pasar tiban ini tidak sekadar membuat semarak bulan Ramadan. Namun, juga terbukti ikut mendongkrak/meningkatkan perekonomian warga setempat. Dia berharap, sesama pedagang di pasar tiban juga saling bertukar ide perihal dagangan agar menjajakan jajanan yang lebih inovatif dan juga bervariasi lagi kedepannya.

Sumber : Berburu Takjil dikota yang istimewa

Write a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *